Perancangan adalah suatu proses
pengambilan keputusan yang berdasarkan fakta, mengenai kegiatan-kegiatan yang
harus dilaksanakan demi tercapainya tujuan yang diharapkan atau yang
dikehendaki.
Atau dapat juga dikatakan bahwa perancangan
adalah penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari
beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi
Perancangan sistem dapat dirancang dalam bentuk bagan alir sistem (system
flowchart), yang merupakan alat bentuk grafik yang dapat digunakan untuk
menunjukan urutan-urutan proses dari sistem
B. PENGERTIAN PEMELIHARAAN KOMUNITAS
Maintenance atau pemeliharaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan agar komunitas selalu memiliki kondisi yang sama atau bahkan lebih baik dari keadaan awalnya. Maintenance juga dilakukan untuk menjaga komunitas tetap berada dalam kondisi yang dapat diterima oleh masyarakat.
C. PENGERTIAN KOMUNITAS ONLINE
Komunitas online adalah sebuah wadah dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan online, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.
D. KARAKTERISTIK KOMUNITAS ONLINE YANG SUKSES
Jika Anda ingin bergabung atau membangun komunitas daring Anda sendiri, Anda mungkin merasa kewalahan dengan semua jalan berbeda yang tersedia untuk Anda.
Alih-alih membiarkan
diri Anda terlibat pada berbagai komunitas online tanpa tahu cara membedakan
satu dari yang lain, kenalilah tiga karakteristik paling penting dari komunitas
online yang sukses.
Memiliki Konten yang
berkualitas
Anggota Grup yang
Senantiasa Peduli dan Berpartisipasi
Konten Yang Bervariasi
dan Fitur Komunitas yang akan membuat komunitas
berbeda
E. KARAKTERISTIK PERANCANGAN DAN PEMELIHARAAN KOMUNITAS ONLINE
Sebelum membahas mengenai Perancangan dan pemeliharaan Komunitas Online, ada baiknya kita harus memahami apa saja karakteristik mendasar dari komunitas online.
Suatu komonitas online
dikatakan baik jika memiliki karakteristik sbb :
1. Sifat Yang Relatif
Bebas
Media & komunitas
online cenderung bersifat bebas. Bebas dalam artian yang amat luas. Bebas
kepemilikan, bebas sekat-sekat sosial umum, bebas kepemilikan, bebas dari
interfensi otoritas sosial/agama/pemerintah dan sejenisnya, bebas pengguna dan
bebas hambatan jarak, ruang dan waktu.
2. Anonim
Anonim adalah suatu
sifat yang merujuk pada ketidakjelasan /ketidakpastian identitas seserang /
suatu pihak. Di dunia online, identitas menjadi sesuatu yang bebas cipta dan
bebas guna. Artinya, siapa saja bisa menjadi apa saja yang diinginkannya. Tak
ada kewajiban, layaknya di dunia nyata, untuk menunjukkan/menggunakan identitas
asli saat menggunakan layanan internet. Artinya, informasi apapun yang dibuat,
dimanipulasi, disebarluaskan dan direproduksi lewat berbagai media online bisa
ditampilkan oleh siapapun.
3. Aksesibilitas Tinggi
Media dan komunitas
online mempunyai aksesibilitas tinggi, bahkan bisa dibilang tertinggi dari
bentuk media/komunitas apapun di dunia nyata. Siapapun Anda, dimanapun berada,
kapanpun mau, Anda bisa mengakses informasi yang ada di media atau komunitas
apapun di dunia maya.
Tingkat aksesibilitas
macam ini pulalah yang memungkinkan hilangnya sekat-sekat jarak, ruang dan
waktu yang menjadikan publik lebih berdaya dalam menilai suatu hal. Tak ada
lagi yang namanya suatu pihak menguasai informasi dan mendikte publik akan apa
yang benar dan salah. Karena publik punya alternatif informasi yang lain yang
bisa diaksesnya melalui media atau komunitas online.
F. LANGKAH UNTUK MEMBANGUN DAN MEMELIHARA KOMUNITAS ONLINE
Attact : Langkah pertama dalam proses ini adalah untuk menarik pengunjung dan mendorong mereka untuk bergabung dengan komunitas virtual.
Promote : Setelah
anggota telah terdaftar, langkah berikutnya adalah untuk mendorong mereka untuk
berpartisipasi. Semakin sering anggota berpartisifasi, komunitas dapat semakin
mudah menarik anggota baru, mempercepat pertumbuhannya.
Build : Dengan bertukar
pikiran dan informasi melalui forum diskusi, anggota membangun loyalitas kepada
komunitas. Informasi yang tersedia dari komunitas menjadi faktor utama yang
mempengaruhi dalam banyak keputusan mereka termasuk keputusan pembelian.
Capture : Ketika
komunitas telah mencapai tahapan kritis dalam hal jumlah dan agregasi konten,
Anda dapat menawarkan ruang untuk iklan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar